Banner 468x60 pxl

Minggu, 02 Juni 2013

PELUANG USAHA KULINER MODAL KECIL

usaha kuliner modal kecil
PELUANG USAHA KULINER - Kenapa memilih usaha makanan sebagai alternatif usaha rumahan dengan modal kecil? Pertama adalah karena kegiatan memasak sudah sangat akrab dengan aktifitas seorang ibu rumah tangga. Karena seorang ibu rumah tangga cenderung memiliki waktu di rumah yang lebih banyak yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Kedua adalah karena usaha makanan merupakan salah satu usaha yang mempunyai potensi sangat besar. Usaha makanan telah terbukti menjadi sebuah usaha yang mampu bertahan di tengah hempasan berbagai krisis ekonomi. Coba lihat di sekitar Anda, relatif banyak bukan usaha makanan yang menjual berbagai jenis makanan? Anda tidak perlu khawatir kalah bersaing dengan mereka yang telah lebih dulu terjun ke bisnis makanan ini.



Syarat berhasilnya usaha rumahan dengan modal kecil dalam bidang makanan

Salah satu syarat agar Anda bisa berhasil dalam menekuni usaha rumahan dengan modal kecil di bidang makanan adalah mampu menawarkan sebuah produk makanan yang mempunyai ciri khas. Di tengah banyaknya penjual makanan yang menawarkan jenis makanan yang sama, Anda harus bisa membuat sebuah inovasi baru dalam makanan yang Anda tawarkan. Misalnya jenis makanan yang dulunya hanya tersedia dalam satu rasa, kini Anda hadir dengan menawarkan varian rasa yang lebih banyak. Tampilan produk makanan juga harus Anda perhatikan. Misalnya jika umumnya sebuah kue berbentuk bulat atau kotak, Anda bisa membuatnya dalam bentuk segitiga, bintang, bulan sabit, dan lain-lain.
Jangan remehkan berbagai inovasi kecil yang Anda lakukan pada  makanan yang ditawarkan. Bisa saja hanya karena bentuknya yang menarik maka akan banyak yang ingin mencoba mencicipinya. Inovasi lain tergantung dari kreatifitas Anda sendiri agar dapat mengembangkan usaha rumahan dengan modal kecil menjadi sebuah usaha yang layak Anda jadikan tambahan pada penghasilan dalam keluarga Anda.

Contoh Aneka Usaha Kuliner Modal Kecil


Banyak sekali usaha di bidang kuliner, tetapi adakah yang bisa dijalankan dengan modal kecil?
Jangan khawatir, ada banyak sekali usaha yang hanya memerlukan modal yang kecil untuk menjalankannya. Apa saja itu? Pengen tau, daripada penasaran, berikut jenis dan contoh usaha atau bisnis  kuliner yang membutuhkan modal yang kecil untuk menjalankannya:

Usaha Masakan Daerah

Mungkin usaha ini, yang sudah tidak asing lagi yaitu rumah makan padang. Hampir di setiap kota pasti ada rumah makan padang. Ya, semisal anda adalah orang asli Betawi, anda dapat mendirikan usaha masakan Betawi. Atau bila asli dari Kudus, dapat menjual soto kudus.

Anda dapat menjualnya melalui warung-warung tenda, sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Usaha Makanan kecil

Untuk usaha atau bisnis kuliner yang unik tetapi modal yang digunakan kecil yaitu usaha makanan kecil. Yang dijual disini yaitu seperti kue Klepon, Getuk, Lumpia dsb. Jadi, anda dapat berinovasi seperti menjual Getuk goreng isi coklat atau kue klepon isi coklat.

Untuk menjalankan usaha ini, anda dapat menjajakannya di pinggir-pinggir jalan menggunakan gerobak, Sehingga modal yang anda keluarkan lumayan kecil.

Sepertinya itu saja usaha kuliner sukses dan unik dengan modal kecil. Mudah-mudahan, tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin sekali menjalankan bisnis di bidang kuliner. Setiap orang pasti memiliki kesalahan, tetapi setiap orang pula dapat memperbaiki kesalahannya.

Cara Membuka Usaha Kuliner Modal Kecil


Setiap hari ada saja usaha kuliner baru yang muncul dan siap bersaing di bisnis ini. Masing-masing pun menonjolkan ciri khas makanannya. Dari usaha yang dimulai dari modal yang relatif kecil maupun perusahaan yang dibangun dengan modal milyaran rupiah. Ada yang membuka outlet donat, roti,siomay, soto mie, martabak, sate padang, gado-gado, ayam goreng, pisang goreng dengan berbagai variasi rasa. Ada juga yang berdagang keliling sambil menjajakan dagangannya misalnya berdagang roti, bakso, gorengan dan lain-lain.
Salah satu jenis dari usaha kuliner yang tidak kalah menariknya adalah  katering. Prospeknya bisnis katering lumayan bagus karena di Indonesia masih cukup besarnya pangsa pasar yang tersedia.
Modal awal bisnis ini adalah komitmen dan tanggung jawab.Jika Anda punya kedua hal di atas, jangan ragu untuk memulai peluang usaha yang satu ini.

Berapa macam jenis katering yang bisa Anda pilih yaitu :
1.Katering pesta, adalah katering yang khusus melayani untuk acara pesta misalnya pesta perkawinan, pesta ulang tahun, seminar dan sebagainya.
2.Katering yang khusus melayani makanan untuk pegawai perkantoran.
3.Katering yang khusus melayani makanan untuk karyawan pabrik.
4.Katering yang khusus melayani kebutuhan makanan untuk anak-anak kos.
5.Katering yang khusus melayani kebutuhan makan rumah tangga.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai usaha kuliner dengan modal kecil misalnya dalam bentuk katering :

1.Tentukan lokasi/tempat usaha.

Memulai usaha katering bisa dilakukan mulai dari rumah terlebih dahulu. Jika usaha mengalami peningkatan tentu Anda bisa mencari tempat yang lebih besar.

2.Menyiapkan semua peralatan memasak dan peralatan makan. Jika Anda memilih untuk melayani katering pesta maka Anda perlu menyiapkan peralatan makan seperti piring, mangkok, gelas dan lain-lain. Tetapi jika Anda terbatas dalam hal modal, Anda bisa juga menyewanya peralatan makan tersebut. Untuk Anda yang memilih katering yang melayani kebutuhan makanan untuk rumah tangga, pabrik, perkantoran dan kos kosan Anda perlu menyediakan rantang-rantang khusus untuk wadah makan yang berfungsi sebagai piring.


3.Siapkan menu yang relatif menarik
Variasi menu yang menarik adalah aset yang berharga untuk kemajuan usaha ini.

4.Mempertahankan rasa yang diinginkan.
Sebaiknya Anda menentukan standart rasa supaya rasa tidak berubah-ubah setiap waktu misalnya terkadang keasinan atau kemanisan.

5.Menerapkan harga yang bersaing.

6.Menjaga penampilan dan kebersihan makanan maupun kebersihan tempat usaha secara menyeluruh.

7.Menjaga kualitas bahan baku.
Pilihlah bahan baku yang berkualitas untuk usaha Anda untuk mendapatkan rasa yang lebih maksimal

8.Tenaga kerja. Bila usaha mengalami perkembangan Anda perlu memperkerjakan beberapa karyawan untuk membantu Anda dalam berbelanja, memasak bahkan mencuci piring. Semakin besar usaha Anda, maka  Anda akan memerlukan tenaga kerja lebih banyak lagi.
Dalam perjalanannya segala usaha apapun membutuhkan kegigihan dan motivasi dalam mengembangkannya. Sikap ramah terhadap pelanggan pun merupakan kunci untuk kemajuan  setiap usaha termasuk dalam usaha kuliner yang bermodal kecil  ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...